Skip to main content

Praktikum 3: Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves - part 2

Praktikum 3: Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves - part 2


1. TUJUAN
     Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.

2. ALAT
     Adobe Illustrator CC
     Maxon Cinema 4D R19

3. BAHAN
4. DASAR TEORI

     a. Fungsi Secondary Assets
     Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.

     b. Fungsi F-Curves
     F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.

5. TUGAS PRAKTIKUM
     Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
     1. Tambahkan secondary Assets
     2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
     3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves

6. PETUNJUK PRAKTIKUM
     Berikut beberapa tutorial untuk petunjuk praktikum:

     a. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path

     b. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)

     c. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves

7. HASIL PRAKTIKUM







8. KESIMPULAN

     Pada minggu ke enam ini, saya melanjutkan praktikum ke 3 saya di tahap 2, yaitu menambah kompleksivitas gerakan utama pada assets. Pada tahap 2 ini, saya mengalami kesulitan. Karena pada frame 0 animasi saya berantakan, namun pada frame 90 tidak mau kembali ke bentuk semula. Setelah saya pelajari lebih lanjut, hal ini di karenakan tombol enable axisnya masih saya aktifkan. Dan setelah saya nonaktif kan, animasi saya dapat kembali ke bentuk semula.
     Lalu melanjutkan ke tahap 3, yaitu tahap F-Curves. Tahap ini juga cukup membuat saya kebingungan. Karena saat saya mengatur F-Curves nya di logo pens tidak muncul dan logo saya tidak mau berputar. Lalu saya coba atur 360 derajat lagi dan mengatur grafik F-Curves nya. Dan ternyata bisa kembali berputar. Karena ini sudah final untuk praktikum ketiga, sayapun merendernya.

9. REFERENSI
http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/

Comments

Popular posts from this blog

Animasi 1 Membuat Animasi Sederhana

Praktikum 01 – Membuat Animasi Pertama 1.      Tujuan Mencoba Membuat Animasi Pertama 2.      Alat Adobe After Effects CC 2015 3.      Bahan Font 4.      Dasar Teori Animasi  a dalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu .   Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu: a.       Computer Assisted Animation , animas...

Praktikum 7 : Membuat Animasi Logo Official - part 3

Praktikum 7 : Membuat Animasi Logo Official - part 3 1. TUJUAN       Pada praktikum kali ini bertujuan untuk m embuat animasi 3D logo official. 2. ALAT      Adobe Illustrator CC 2017      Adobe After Effects CC 2017 3. BAHAN - 4. PETUNJUK PRAKTIKUM       Tutorial di bawah ini untuk membuat logo dan animasi logo Youtube 5. HASIL PRAKTIKUM https://youtu.be/WLx8yDAeo3Q 6. KESIMPULAN 7. REFERENSI https://www.youtube.com/watch?v=A0i2xTOa2zc&t=759s https://www.videocopilot.net/products/element2/update/

Praktikum 11 Project Animasi: Animatics

Praktikum 11 Project Animasi: Animatics I. Tujuan     Mencoba bekerjasama dengan client untuk dibuatkan animasi. II. Alat     1. Pensil dan penghapus     2. Penggaris     3. Spidol     4. Aplikasi Scanner     5. PowerPoint III. Bahan          1. Kertas A3 IV. Dasar Teori   1. Storyboard   Storyboard adalah  visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan website dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain. Beberapa alasan menga...