Praktikum 3: Secondary Assets, Logo Movement, F-Curves - part 2
1. TUJUAN
Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Secondary Assets dan Movement. Pada praktikum ini, penambahan movement diperdetail dengan menggunakan F-Curves.
2. ALAT
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R19
3. BAHAN
4. DASAR TEORI
a. Fungsi Secondary Assets
Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.
b. Fungsi F-Curves
5. TUGAS PRAKTIKUM
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Tambahkan secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. PETUNJUK PRAKTIKUM
Berikut beberapa tutorial untuk petunjuk praktikum:
a. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
b. Menambahkan kompleksitas gerakan assets utama (logo)
c. Memperhalus gerakan menggunakan F-Curves
a. Fungsi Secondary Assets
Secondary assets adalah penggunakan objek lama yang digunakan kembali pada animasi yang baru namun tidak berperan lagi sebagai objek utama, hanya sebagai objek tambahan pada animasi baru.
F-Curve Editor ini memungkinkan untuk mengontrol animasi pada hampir semua elemen, termasuk material dan parameter world dengan mengontrol curva animasi. Key frame dihubungkan oleh garis curva, dalam F-Curve Editor. Titik pada F-Curve Editor merupakan key frame. Sumbu X pada F-Curve Editor mewakili key frame, sedangkan yang diwakili oleh sumbu Y bergantung pada parameter yang dianimasikan.
5. TUGAS PRAKTIKUM
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Tambahkan secondary Assets
2. Tambahkan kompleksitas gerakan pada asset utama (logo)
3. Haluskan gerakannya menggunakan F-Curves
6. PETUNJUK PRAKTIKUM
Berikut beberapa tutorial untuk petunjuk praktikum:
a. Menambahkan secondary assets menggunakan cloner dan helix path
7. HASIL PRAKTIKUM
8. KESIMPULAN
Pada minggu ke enam ini, saya melanjutkan praktikum ke 3 saya di tahap 2, yaitu menambah kompleksivitas gerakan utama pada assets. Pada tahap 2 ini, saya mengalami kesulitan. Karena pada frame 0 animasi saya berantakan, namun pada frame 90 tidak mau kembali ke bentuk semula. Setelah saya pelajari lebih lanjut, hal ini di karenakan tombol enable axisnya masih saya aktifkan. Dan setelah saya nonaktif kan, animasi saya dapat kembali ke bentuk semula.
Lalu melanjutkan ke tahap 3, yaitu tahap F-Curves. Tahap ini juga cukup membuat saya kebingungan. Karena saat saya mengatur F-Curves nya di logo pens tidak muncul dan logo saya tidak mau berputar. Lalu saya coba atur 360 derajat lagi dan mengatur grafik F-Curves nya. Dan ternyata bisa kembali berputar. Karena ini sudah final untuk praktikum ketiga, sayapun merendernya.
9. REFERENSI
http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/
http://www.mohhasbias.com/prak-03-secondary-assets-logo-movement-f-curves/
Comments
Post a Comment