Praktikum 4: Camera Depth, Multi Pass Render, dan Compositing using AE - part 1
1. TUJUAN
Pada praktikum ini, mahasiswa diajak untuk ngincip dikit tentang Compositing menggunakan After Effects. Dimulai dengan Render Setting di C4D kemudian dilanjut pada kegiatan compositing di AE.
Adobe After Effects CC
Maxon Cinema 4D R19
3. BAHAN
Hasil praktikum sebelumnya
4. DASAR TEORI
a. Camera Depth
Camera Depth merupakan kedalaman area yang bisa di tangkap oleh sebuah kamera.
b. Multi Pass Rendering
Multipass render adalah teknik yang banyak digunakan dalam industri CGI profesional, dan telah menjadi lebih dan lebih umum digunakan dalam komunitas grafis umum. Multipass render memiliki banyak keunggulan dibandingkan single pass rendering, yang memungkinkan lebih banyak kontrol atas setiap elemen dari adegan, kontrol yang lebih baik atas tampilan akhir adegan, dan membuat tweaker dan menyesuaikan gambar akhir atau animasi lebih mudah dan lebih sedikit waktu mengkonsumsi rendering adegan sekaligus dan harus kembali membuat seluruh menyesuaikan rincian kecil atau melakukan perubahan.
c. DOF
Dalam optik , terutama yang berkaitan dengan film dan fotografi, depth of field (DOF), juga disebut rentang fokus atau rentang fokus yang efektif, adalah jarak antara benda terdekat dan terjauh dalam sebuah adegan yang muncul diterima tajam dalam foto. Meskipun lensa justru bisa fokus hanya pada satu jarak pada suatu waktu, penurunan ketajaman bertahap pada setiap sisi jarak fokus, sehingga dalam DOF, unsharpness ini tak terlihat di bawah kondisi tampilan normal.
d. Compositing
Compositing adalah kombinasi dari unsur-unsur visual dari sumber terpisah menjadi gambar tunggal, sering untuk menciptakan ilusi bahwa semua elemen adalah bagian dari adegan yang sama. Penembakan live-action untuk compositing adalah berbagai disebut "chroma key", "blue screen", "layar hijau" dan nama lain. Saat ini, kebanyakan, meskipun tidak semua, compositing dicapai melalui manipulasi gambar digital. Teknik compositing pra-digital, bagaimanapun, kembali sejauh film trik Georges Méliès pada akhir abad ke-19, dan beberapa masih digunakan.
5. TUGAS PRAKTIKUM
Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, lakukan hal berikut:
1. Multi Pass Rendering untuk logo, obyek sekunder, background, dan depth
2. Import masing-masing image sequences ke AE
3. Implementasi DOF di AE menggunakan effect Camera Lens Blur
6. PETUNJUK PRAKTIKUM
Berikut beberapa tutorial untuk petunjuk praktikum:
a. Setting Camera DOF di C4D
7. HASIL PRAKTIKUM
Belum ada hasil
8. KESIMPULAN
Pada minggu ke 7 ini, saya beranjak ke praktikum 4. Setelah berhasil mendownload video tutorial, saya mengamatinya. Lalu saya mulai mengerjakan tahap 1, yaitu kamera depth. Lumayan mudah namun saya bingung terhadap perbedaan dari animasi yang sudah saya berikan efek kamera depth sama sebelum saya berikan. Namun di tahap 1 ini saya sudah berhasil.
Lalu berlanjut ke tahap 2, yaitu multi pass render. Pada tahap ini saya melakukan render sesuai dengan yang di video tutorial. Awalnya saya kesusahan karena sepertinya saya kurang faham dibagian merubah format dan penyimpanannya. Lalu setelah saya cermati lagi video tutorialnya, dan saya mencobanya lagi, ternyata berhasil.
9. REFERENSI
http://www.mohhasbias.com/prak-04-camera-depth-multi-pass-render-dan-compositing-using-ae/
Comments
Post a Comment