Praktikum 1: Logo 3D 360 (Turn Table Animation) - part 1
1. TUJUAN
Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.
2. ALAT
Adobe Illustrator CC
Maxon Cinema 4D R19
MakeAVI
3. BAHAN
Logo PENS
4. DASAR TEORI
a. Perbedaan Animas 2D dan 3D
Animasi 2D atau dua dimensi adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan dua titik vektor yaitu x dan y. Vektor x digunakan sebagai ukuran panjang objek gambar, sementara vektor dipakai sebagai ukuran lebar objek gambar. Dibutuhkan antara 15-30 gambar yang diputar per 1 detik untuk menghasilkan animasi yang berkualitas bagus. Pemutaran gambar ini biasanya dilakukan dengan software komputer seperti Macromedia Flash. Berkat gambar yang diputar secara cepat, objek di dalamnya seolah-olah menjadi bergerak.
Contoh animasi dua dimensi antara lain Crayon Shinchan, Dora The Explorer, Avatar : The Legend of Aang, Naruto, Sponge Bob Square Pants, Hamtaro, One Piece, Inuyasha, P-Man, dan lain-lain.
Animasi 3D atau tiga dimensi adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan tiga titik vektor yaitu x, y, dan z. Vektor berfungsi untuk menentukan ukuran panjang objek gambar, vektor y berguna untuk menentukan ukuran lebar objek gambar, dan vektor z dipakai untuk menentukan tinggi objek gambar. Oleh karena itu, objek pada animasi 3D terlihat seakan mempunyai volume dan mirip sekali dengan makhluk hidup.
Contoh-contoh animasi 3D yaitu Frozen, Toy Story, Despicable Me, Finding Nemo, Cars, Madagascar, Upin & Ipin, Masha and The Bear, Adit & Sopo Jarwo, Keluarga Pak Somad, Boboiboy, dan lain-lain.
b. Penjelasan Tracing
Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi. Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik. Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. Jenis vector data antara lain AI (Adobe Illustrator, FH (Macromedia Freehand), CDR (Corel Draw), WMF (Windows Meta File), EPS (Encapsulated PostScript), CGM (Computer Graphic Metafile), dan lain sebagainya.
c. Perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D
Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.
5. TUGAS PRAKTIKUM
Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian.
6. PETUNJUK PRAKTIKUM
Berikut beberapa tutorial untuk petunjuk praktikum:
1. Tracing logo menggunakan Illustrator
2. Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator
c. Membuat animasi 360 derajat
d. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)
7. HASIL PRAKTIKUM
a. Logo PENS

8. KESIMPULAN
Saat memasukkan tracing an saya dari format .ai ke Cinema 4D saya mengalami kesulitan. Karena format .ai yang bisa dimasukkan ke Cinema 4D adalah format AI 8, sedangkan waktu itu AI saya masih CS6. Kemudian saya meminjam laptop teman untuk mengganti format penyimpanan saya menjadi ai 8.
9. REFERENSI
http://www.materiajar.web.id/2017/01/perbedaan-animasi-2d-dan-3d-dan.html
https://hobyt.wordpress.com/2009/10/10/tracing-tidak-selalu-identik-dengan-plagiat/
http://www.mohhasbias.com/prak-01-logo-3d-360-turn-table-animation/
Saat memasukkan tracing an saya dari format .ai ke Cinema 4D saya mengalami kesulitan. Karena format .ai yang bisa dimasukkan ke Cinema 4D adalah format AI 8, sedangkan waktu itu AI saya masih CS6. Kemudian saya meminjam laptop teman untuk mengganti format penyimpanan saya menjadi ai 8.
9. REFERENSI
http://www.materiajar.web.id/2017/01/perbedaan-animasi-2d-dan-3d-dan.html
https://hobyt.wordpress.com/2009/10/10/tracing-tidak-selalu-identik-dengan-plagiat/
http://www.mohhasbias.com/prak-01-logo-3d-360-turn-table-animation/
Comments
Post a Comment