Skip to main content

Praktikum 1: Logo 3D 360 (Turn Table Animation) - part 2

Praktikum 1: Logo 3D 360 (Turn Table Animation) - part 2


1. TUJUAN
          Perkenalan dengan dunia 3D melalui pembuatan animasi object berputar 360 derajat atau disebut juga turn table animation.

2. ALAT
     Adobe Illustrator CC
     Maxon Cinema 4D R19
     MakeAVI

3. BAHAN
     Logo PENS
4. DASAR TEORI
     a. Perbedaan Animas 2D dan 3D
     Animasi 2D atau dua dimensi adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan dua titik vektor yaitu x dan y. Vektor x digunakan sebagai ukuran panjang objek gambar, sementara vektor dipakai sebagai ukuran lebar objek gambar. Dibutuhkan antara 15-30 gambar yang diputar per 1 detik untuk menghasilkan animasi yang berkualitas bagus. Pemutaran gambar ini biasanya dilakukan dengan software komputer seperti Macromedia Flash. Berkat gambar yang diputar secara cepat, objek di dalamnya seolah-olah menjadi bergerak. 
     Contoh animasi dua dimensi antara lain Crayon Shinchan, Dora The Explorer, Avatar : The Legend of Aang, Naruto, Sponge Bob Square Pants, Hamtaro, One Piece, Inuyasha, P-Man, dan lain-lain.
     Animasi 3D atau tiga dimensi adalah animasi yang dibuat dengan memanfaatkan tiga titik vektor yaitu x, y, dan z. Vektor berfungsi untuk menentukan ukuran panjang objek gambar, vektor y berguna untuk menentukan ukuran lebar objek gambar, dan vektor z dipakai untuk menentukan tinggi objek gambar. Oleh karena itu, objek pada animasi 3D terlihat seakan mempunyai volume dan mirip sekali dengan makhluk hidup. 
     Contoh-contoh animasi 3D yaitu Frozen, Toy Story, Despicable Me, Finding Nemo, Cars, Madagascar, Upin & Ipin, Masha and The Bear, Adit & Sopo Jarwo, Keluarga Pak Somad, Boboiboy, dan lain-lain.

     b. Penjelasan Tracing
     Tracing, berawal dari kata trace, yang bermaksud menelusuri atau penelusuran. Dalam grafis, tracing bermakna menggambar ulang dengan memakai acuan/patrun. Bila disederhanakan berarti menjiplak gambar, adapula yang mendefinisikan tracing sebagai proses perubahan format gambar dari bitmap menjadi vector biasa. Tracing ini bisa dilakukan dengan beberapa aplikasi. Misalnya, Adobe Illustrator, Macromedia Freehand, Corel Draw, Zara X ataupun software khusus tracing seperti Corel Trace dan bahkan Adobe Illustrator keluaran CS versi 1 ke atas sudah menanamkan tool live trace di programnya yang mampu mengkonvert gambar menjadi vector dalam hitungan detik. Dalam terminologi komputer grafis, vector adalah sekumpulan objek dalam garis atau bentuk tertentu yang dapat didefinisikan secara matematis, diisi warna, dan memiliki resolusi bebas. Karena itu, vector bisa diperbesar dalam ukuran berapa pun tanpa kehilangan resolusinya. Jenis vector data antara lain AI (Adobe Illustrator, FH (Macromedia Freehand), CDR (Corel Draw), WMF (Windows Meta File), EPS (Encapsulated PostScript), CGM (Computer Graphic Metafile), dan lain sebagainya.

     c. Perbedaan membuat animasi 2d di flash dengan cinema 4D
     Adobe Flash adalah software yang digunakan untuk membuat animasi 2D sedangkan Cinema 4D merupakan software untuk pembuatan animasi 3D. Perbedaan dari kedua software tersebut terletak pada fungsinya. Pada Adobe Flash, objek yang dianimasikan tidak memiliki ketebalan dan tidak dapat diputar 360 derajatkarena pada Adobe Flash hanya memiliki sumbu X dan Y. Sedangkan pada Cinema 4D, objek yang akan dianimasikan dapat diputar 360 derajat pada sumbu X dan telah dilengkapi juga dengan beberapa fitur yang dapat mengatur tingkat ketebalan objek. Serta pada Cinema 4D, objek dapat diatur model lightingnya sehingga kesan 3D dari objek lebih terlihat.


5. TUGAS PRAKTIKUM

     Buatlah animasi 360 dari logo favorit kalian.

6. PETUNJUK PRAKTIKUM
     Berikut beberapa tutorial untuk petunjuk praktikum:
     a. Tracing Logo menggunakan illustrator

     b. Membuat logo 3D menggunakan Cinema 4D dari file illustrator

     c. Membuat animasi 360 derajat

     d. Merender animasi ke dalam file movie (mp4)


7. HASIL PRAKTIKUM





8. KESIMPULAN
      Ini pertama kali saya membuat animasi 3D. Untuk awal ini saya tidak mengalami kesulitan. Cukup mudah tutorialnya untuk di pahami dan di implementasikan. Untuk me render nya saya mengikuti sesuai tutorial, saya menggunakan Time Lapse di Lab Mac.

9. REFERENSI
http://www.materiajar.web.id/2017/01/perbedaan-animasi-2d-dan-3d-dan.html
https://hobyt.wordpress.com/2009/10/10/tracing-tidak-selalu-identik-dengan-plagiat/
http://www.mohhasbias.com/prak-01-logo-3d-360-turn-table-animation/


Comments

Popular posts from this blog

Animasi 1 Membuat Animasi Sederhana

Praktikum 01 – Membuat Animasi Pertama 1.      Tujuan Mencoba Membuat Animasi Pertama 2.      Alat Adobe After Effects CC 2015 3.      Bahan Font 4.      Dasar Teori Animasi  a dalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu .   Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu: a.       Computer Assisted Animation , animas...

Praktikum 7 : Membuat Animasi Logo Official - part 3

Praktikum 7 : Membuat Animasi Logo Official - part 3 1. TUJUAN       Pada praktikum kali ini bertujuan untuk m embuat animasi 3D logo official. 2. ALAT      Adobe Illustrator CC 2017      Adobe After Effects CC 2017 3. BAHAN - 4. PETUNJUK PRAKTIKUM       Tutorial di bawah ini untuk membuat logo dan animasi logo Youtube 5. HASIL PRAKTIKUM https://youtu.be/WLx8yDAeo3Q 6. KESIMPULAN 7. REFERENSI https://www.youtube.com/watch?v=A0i2xTOa2zc&t=759s https://www.videocopilot.net/products/element2/update/

Praktikum 11 Project Animasi: Animatics

Praktikum 11 Project Animasi: Animatics I. Tujuan     Mencoba bekerjasama dengan client untuk dibuatkan animasi. II. Alat     1. Pensil dan penghapus     2. Penggaris     3. Spidol     4. Aplikasi Scanner     5. PowerPoint III. Bahan          1. Kertas A3 IV. Dasar Teori   1. Storyboard   Storyboard adalah  visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan website dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain. Beberapa alasan menga...