Skip to main content

Praktikum 2: Camera Path, Lighting, and Material - part 2

Praktikum 2: Camera Path, Lighting, and Material - part 2

1. TUJUAN
     Pada praktikum ini, belajar tentang elemen yang bisa ditambahkan pada sebuah animasi 3D yaitu Camera Path, Lighting, Material. Camera path diimplementasikan menggunakan spline. Lighting menggunakan Physical Sky dan Area Light.

2. ALAT
     Adobe Illustrator CC
     Maxon Cinema 4D R19
     MakeAVI

3. BAHAN
     Hasil praktikum sebelumnya

4. DASAR TEORI
     a. Perbedaan antara motion guide pada flash dengan camera path
     Animasi motion guide adalah animasi sebuah movie clip yang bergerak mengikuti jalur sesuai dengan yang kita buat. Motion guide ini biasanya ada pada animasi 2D dan sering digunakan di Adobe Flash. Sedangkan Camera path, pengertiannya sama dengan animasi motion guide yaitu movie clip yang bergerak mengikuti jalur sesuai dengan path yang kita buat. Untuk Camera Path ini, kita gunakan pada animasi 3D karena mengambil angle dari sumbu x, y, maupun z.

     b. Perbedaan antara Physical Sky dan Area Light

     Physical Sky adalah fitur yang disediakan Cinema 4D untuk mengubah background area menjadi berwarna seperti suasana langit yang dapat kita atur pula waktunya sesuai keinginan kita. Sedangkan Area light adalah fitur Cinema 4D untuk memberikan efek cahaya yang tampak pada object. Seperti arah-arahnya dan gelap-terangnya.
     c. Yang dimaksud material dan contoh penggunaannya
     Material adalah fitur pada Cinema 4D yang digunakan untuk memberikan warna pada object. Pada fitur material ini terdapat banyak pengaturan warna serta texture yang dapat kita tambahkan pada object. Contohnya jika kita ingin memberikan efek glossy pada object, maka kita pilih material Danel, jika ingin efek seperti kayu, maka kita pilih benzi, jika kita ingin efek seperti glitter maka kita pilih cheen, dan lain sebagainya. Kita juga dapat mengatur warnanya dan tingkat efeknya sesuai keinginan kita.

5. TUGAS PRAKTIKUM
     Pada animasi logo favorit yang sudah kalian buat sebelumnya, tambahkan:
     a. Pergerakan kamera menggunakan teknik camera path
     b. Lighting sederhana dan mudah menggunakan Physical Sky dan Area Light

6. PETUNJUK PRAKTIKUM
     a. Pergerakan camera menggunakan Camera Path, lebih spesifik lagi disebut dengan spline.


     b. Menambahkan Lighting menggunakan Physical Sky

     c. Menambahkan Lighting menggunakan Area Light

     d. Menambahkan Material

7. HASIL PRAKTIKUM









8. KESIMPULAN
     Pada minggu keempat ini saya mengerjakan tugas video tutorial selanjutnya. Yaitu menambahkan material. Cukup lumayan gampang jika kita mengikuti tutorialnya. Dan alhamdulillah disini saya tidak menemukan kendala.
     Namun disini saya merasa ada yang kurang, sehingga saya sedikit merubah warna dan efek. Saya kembali mengatur cops pada objek saya sehingga terlihat seperti di atas.

9. REFERENSI
http://www.mohhasbias.com/prak-02-camera-path-lighting-and-material/

Comments

Popular posts from this blog

Animasi 1 Membuat Animasi Sederhana

Praktikum 01 – Membuat Animasi Pertama 1.      Tujuan Mencoba Membuat Animasi Pertama 2.      Alat Adobe After Effects CC 2015 3.      Bahan Font 4.      Dasar Teori Animasi  a dalah suatu rangkaian gambar diam secara inbeethwin dengan jumlah yang banyak, bila kita proyeksikan akan terlihat seolah – olah hidup (bergerak), seperti yang pernah kita lihat film – film kartun di tevisi maupun dilayar lebar jadi Animasi kita simpulkan menghidupkan benda diam diproyeksikan menjadi bergerak. 3 Penggunaan animasi pada komputer telah dimulai dengan ditemukannya software komputer yang dapat dipergunakan untuk melakukan ilustrasi di komputer, membuat perubahan gambar satu ke gambar berikutnya sehingga terbentuk suatu bentuk gerakan tertentu .   Secara garis besar, animasi computer dibagi menjadi dua kategori, yaitu: a.       Computer Assisted Animation , animas...

Praktikum 7 : Membuat Animasi Logo Official - part 3

Praktikum 7 : Membuat Animasi Logo Official - part 3 1. TUJUAN       Pada praktikum kali ini bertujuan untuk m embuat animasi 3D logo official. 2. ALAT      Adobe Illustrator CC 2017      Adobe After Effects CC 2017 3. BAHAN - 4. PETUNJUK PRAKTIKUM       Tutorial di bawah ini untuk membuat logo dan animasi logo Youtube 5. HASIL PRAKTIKUM https://youtu.be/WLx8yDAeo3Q 6. KESIMPULAN 7. REFERENSI https://www.youtube.com/watch?v=A0i2xTOa2zc&t=759s https://www.videocopilot.net/products/element2/update/

Praktikum 11 Project Animasi: Animatics

Praktikum 11 Project Animasi: Animatics I. Tujuan     Mencoba bekerjasama dengan client untuk dibuatkan animasi. II. Alat     1. Pensil dan penghapus     2. Penggaris     3. Spidol     4. Aplikasi Scanner     5. PowerPoint III. Bahan          1. Kertas A3 IV. Dasar Teori   1. Storyboard   Storyboard adalah  visualisasi ide dari aplikasi yang akan dibangun, sehingga dapat memberikan gambaran dari aplikasi yang akan dihasilkan. Storyboard dapat dikatakan juga visual script yang akan dijadikan outline dari sebuah proyek, ditampilkan shot by shot yang biasa disebut dengan istilah scene. Storyboard sekarang lebih banyak digunakan untuk membuat kerangka pembuatan website dan proyek media interaktif lainnya seperti iklan, film pendek, games, media pembelajaran interaktif ketika dalam tahap perancangan /desain. Beberapa alasan menga...